Jumat, 17 Januari 2014

CARA-CARA MEMBUAT JANJI

Network marketing adalah bisnis kuadran B seperti yang disarankan oleh Robert Kiyosaki. Banyak yang menanyakan apa maksudnya bisnis kuadran B? adakah bisnis kuadran lainnya. Ada..yaitu kuadran S. Sesungguhanya banyak yang salah persepsi. Yang dikatakan Bisnis yaitu kuadran B adalah jika usaha yang dilakukan, saat sudah berkembang, jika ditinggal selama 1 tahun tidak runtuh melainkan semakin berkembang. Sedangkan usaha yang tidak bisa ditinggal oleh pemiliknya atau masih tergantung disebut sebagai self employee atau kuadran S. Usaha tersebut tidak akan berjalan tanpa keberadaan pemiliknya. Sedangkan pemasaran jaringan atau network marketing masuk kedalam kuadran B. Bagaimana bisnis tersebut mulai dijalankan, langkah membuat janji untuk bertemu dengan calon-calon cabang usaha anda adalah langkah awal untuk kesuksesan anda. Membuat janji adalah hal yang sangat sederhana, tetapi perlu dipelajari untuk mendapatkan hal yang maksimal.

Tujuan membuat janji bertemu adalah:

  • Mendapatkan janji bertemu supaya Anda bisa menjelaskan bisnis ini secara menyeluruh, tidak sepotong-sepotong.
  • Membangun jaringan dengan pendekatan yang profesional, efektif, dan efisien.
Keuntungan Membuat Janji :
  • Menghemat waktu Anda. Untuk menemui seseorang tanpa membuat janji, risikonya adalah orang tersebut tidak di tempat atau dia mungkin sedang sibuk. 
  • Mengetahui apakah prospek Anda dalam kondisi siap menerima Anda atau tidak.

MACAM-MACAM TEKNIK MEMBUAT JANJI

Pada artikel sebelumnya telah dipaparkan panjang lebar mengenai penting membuat janji serta persiapannya. Berikut ini akan dijelaskan macam-macam teknik membuat janji. Teknik ini hanyalah sebagai contoh. Membuat janji tidak harus menggunakan teknik-teknik berikut ini. Bisa juga menggunakan teknik anda sendiri.
1.    Seminar Kesehatan:
a.   Ice breaking (cairkan suasana)
b.   Katakan: kemarin ada kejadian teman kantor anda terkena serangan stroke di usia muda. Kasihan sekali, bukan hanya penderita tetapi keluarga jadi ikut menderita. lanjutkan...dengan...

Ada pepatah yang mengatakan bahwa sewaktu muda banyak orang mengorbankan kesehatannya demi kekayaan, saat sudah tua mereka ingin membeli kesehatannya kembali dari kekayaan mereka namun tidak bisa. Bagaimana menurut anda?....
Oleh karena itu Rabu 19 Juni pukul 18.10, saya akan menghadiri acara Healthy, Happy, Wealthy. Menurut saya, sehat itu kebutuhan yang mutlak untuk kita bisa bahagia dan berkarya. Terus terang saya penasaran bagaiman bisa healthy, happy dan wealthy..
Ayo kita pergi bersama-sama. Karena tempatnya terbatas maka dibutuhkan reservasi. Bapak pergi bersama ibu atau sendiri? Bagaimana jika saya jemput sehingga kita bisa bersama-sama. Saya jemput pukul 17.45 atau 18.00? (Jika yang diundang adalah orang yang lebih besar usianya...sesuaikan kata-katanya)

2.      Bisnis
Kami baru setup/ mengembangkan sebuah bisnis dan perkembangannya luar biasa. Banyak cabang-cabang baru yang dibuka. Kami ingin melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru. Terus terang saja, saya tertarik dengan bapak/ibu untuk bekerja sama.
Apakah bapak/ibu bisa bertemu untuk kita bisa berbicara bagaimana bisnis dan bentuk kerjasamanya....bagusnya senin jam 18 malam atau selasa jam 18.00?

Kami baru set up/ mengembangkan sebuah bisnis dan perkembangannya luar biasa. Banyak cabang-cabang baru yang dibuka. Kami ingin melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru. Apakah bapak/ibu berkenan memberikan rekomendasi siapa yang bisa diajak bekerja sama...
Jika ada jawaban: bisnis apa? Bagaimana bisnisnya...
Katakan: apakah bapak/ibu bisa bertemu saya untuk kita bisa berbicara bagaimana bisnis dan bentuk kerjasamanya....bagusnya senin jam 18 malam atau selasa jam 18.00?

3.    Konsultasi Dokter. Edifikasi Dokternya; Berikan pelayanan dengan mengambilkan nomor di awal; Pastikan ada orang yang membantu untuk menjelaskan selepas dari konsul dokter untuk closing supaya mau mencoba produk HD (jika kita masih belum mampu).


   4. Konsultasi. Cara ini ditujukan untuk melakukan sponsoring up... orang yang punya pengalaman bisnis lebih dari kita atau orang yang lebih senior, biasanya dengan Om kita, atau bos kita.

Bapak/ibu,vsaya baru saja mengembangkan suatu usaha. Saya ingin bisa bertemu bapak/ ibu untuk meminta saran dan masukan berkaitan dengan bisnis saya. Bapak/ibu berkenan saya temui Senin pk 18/ Selasa pk 18.00

5.    Bar-Bar/ Cara langsung. Pastikan prospek kita mempunyai waktu yang cukup longgar. Pastikan ada Upline yang membantu untuk presentasi/ ada presentasi.
..halooo...senggang khan...ayo ikut saya daripada nganggur.. langsung diajak ke kantor HD.
  • Pastikan orang yang anda ajak memiliki waktu sekitar 1-2 jam.
  • Pastikan ada orang di ktr yang membantu anda untuk presentasi (jika anda belum menguasainya) jika sudah menguasai presentasi, anda bisa melakukannya sendiri.         
6.  Membuat janji dengan nama hasil referensi
   Misalnya nama prospek Anda adalah Nita, nama Anda adalah Ade dan nama pemberi referensi adalah Tissa.
Anda : Selamat siang, Bu Nita, ini Ade. Saya tahu nama Ibu dari Bu Tissa. Karena Bu Tissa sangat peduli pada Anda maka saya diminta beliau untuk menelpon ibu.
Nita : Oya? Ada apa ya?
Anda : Begini, Bu Nita, kemarin saya berbicara dengan Bu Tissa  mengenai bisnis saya yang sedang berkembang. Bu Tissa mengatakan bahwa ibu adalah orang yang cocok seperti yang sedang saya cari sebagai partner bisnis saya. Namun tentunya saya tidak tahu sebelum saya bertemu langsung dengan Ibu. Apakah Ibu memiliki waktu kira-kira setengah jam untuk bertemu?
Nita : Bisnis apa ya? Bisa dijelaskan sedikit?
      
     Anda : Sulit menjelaskan usaha ini melalui telepon, Bu Nita. Tapi intinya kita akan memegang beberapa jalur distribusi sebuah perusahaan multinasional. Ada beberapa diagram dan angka-angka profit sharing yang ingin saya tunjukkan ke Bu Nita. Bagaimana kalau hari Kamis malam atau Jumat sore? 

7.   Mengunjungi
Halooo...besok saya akan ke daerahmu/ ibu/bapak...saya mampir ya. Senggangnya pagi/siang/sore bagusnya? Ok sore ya....jam 15 atau jam 16? Baiklah kalau begitu, sampai besok ya..
STRATEGI MENGUNDANG:
  • Mengundang 5 orang tidak ada yang datang. Hukum 80:20, mungkin orang ke-9 dan 10 yang datang. Mengundang lebih banyak lagi 10 orang-20 orang-30 orang tidak ada yang datang. Coba Chek up ke upline.
  • Jika mengundang 5 orang, yang datang 1 orang. Jika anda menginginkan mempunyai jaringan yang besar, undanglah lebih banyak lagi, 10 orang, 20 orang, 30 orang.Strategi membuat orang ingin diundang. Hal ini sangat menarik karena justru orang yang ingin tau dan ingin datang----cara mengeluh: diberikan contoh..
  • Sebelum anda mengangkat telpon utk mengundang org, maka roleplay-lah dulu, latihan mengundang.
  • JAM TERBANG SANGAT MENENTUKAN KEBERHASILAN. Untuk melecekkan mulut anda, maka seringlah berlatih, dan undanglah yang banyak, semakin sering mengundang maka anda semakin ahli. Ibarat pemain bulutangkis yang hebat (Susi Susanti), dia bisa menjadi pemain professional, karena sering latihan.
  • Lakukan ROLE PLAY/ LATIHAN BERULANG-ULANG. Jika Anda masih baru memulai usaha ini, awalnya mungkin Anda akan melakukan banyak kesalahan dalam membuat janji. Latihan dengan sponsor dan upline Anda dalam sebuah simulasi sangat dianjurkan. Kami yakin, setelah Anda melakukan beberapa kali, Anda akan terbiasa dan akan semakin terlatih dalam membuat janji.
  • KONFIRMASI. Jika prospek Anda telah mengatakan bersedia untuk hadir, ingatlah untuk melakukan konfirmasi. Konfirmasi ini penting dilakukan untuk memberi penekanan kepada prospek Anda bahwa acara tersebut sangat penting, sehingga jika prospek Anda ingin membatalkan, dia harus menghubungi Anda.
Contoh konfirmasi:
“Pak Michel, karena pentingnya acara tersebut, jika sampai ada hal-hal yang membuat Bapak tidak bisa hadir, tolong telepon saya 1 atau 2 hari sebelumnya sehingga saya bisa mencari pengganti Pak Michael. Sampai ketemu hari jumat malam.”

Anda juga perlu melakukan konfirmasi dalam 12 jam sebelum waktu presentasi yang telah Anda tetapkan. Hal ini penting sekali karena kebanyakan orang tidak memiliki agenda kerja, sehingga seringkah orang melupakan janji yang telah dibuat.

Contoh konfirmasi menjelang hari presentasi:

Anda : “Halo Pak Michael, janjian kita waktu itu jam 17 atau jam 19 ya?”
Pak Michael : “Jam 19.00, khan?
Anda : “OK, Pak Michael sampai ketemu besok jam 19.00”

Cerita penutup:
Dua timba berjumpa di bibir sumur. Wajah timba pertama tampak murung. “Ada apa?” tanya timba kedua.
“Saya merasa lelah sekali,” ujarnya,”Setiap kali perut saya penuh, saya selalu dibawa ke bawah dalam keadaan perut kosong.”
“Ah, sobat jangan terlalu dipikirkan. Cobalah membalik sudut pandangmu. Kamu dibawa ke sumur dengan perut kosong. Ketika kamu dibawa naik ke permukaan, perutmu penuh kembali!”

Mindset atau sudut pandang selalu membuat perbedaan yang teramat besar. Jika kita berpandangan bahwa bisnis MLM hasilnya kecil..itulah kenyataannya. Namun jika melihat unlimited income dari binsis MLM dengan menjalankan sesuai dengan kuadran B..hasilnya super besar.. sehingga ini akan berpengaruh pada tahapan atau langkah2 dalam merintis dan membesarkan bisnis kita sendiri. Mulailah dari langkah sederhana yaitu langkah yang kerap kali diabaikan namun penting yaitu membuat janji. Mulailah dari hal kecil, Mulailah dari diri anda sendiri, Mulailah saat ini juga


SUKSES SELALU UNTUK ANDA!!
GO BREAKTHROUGH

2 komentar:

  1. Balasan
    1. mencari partner bisnis yg aktif, komitmen dan bertanggung jawab untuk ikut menjalankan Program Kesejahteraan Indonesia.

      info detail 087772573873

      Hapus