Minggu, 19 Januari 2014

LANGKAH KE 3: DAFTAR NAMA

Semua pasti ingin sukses di dalam kehidupannya.  Pertanyaannya, apakah semua orang mau Melakukan “sesuatu” utk mendapatkan sukses itu?
Alkisah di India, seorang anak bernama Viriya di kelasnya diminta oleh guru menuliskan impian-impiannya. Viriya menulis : Saat dia besar, ingin memiliki perternakan kuda seluas 400 hektar dengan 400 ekor kuda. Setelah semua kertas dikumpulkan  dan dibagikan kembali, Viriya dapat nilai F. Nilai F itu berarti gagal/ fail. Di kertas tersebut ada tulisan: Sepulang sekolah diminta menemui pak guru di ruangannya.
Saat di ruang guru, pak guru mengatakan bahwa impian tersebut tidak mungkin terwujud dan terlalu tinggi. Viriya diminta untuk mengganti impiannya. Pak guru memberikan waktu1 minggu untuk Viriya memikirkan kembali impiannya atau tetap mendapatkan nilai F. Karena bingung, si Viriya kecil bercerita kepada ayahnya tentang apa yang dialaminya. Sang ayah menasihati “Viriya... impian itu adalah hakmu, kamu mau mengganti impianmu atau tidak?”
Setelah 1 minggu berlalu, perkataan ayahnya selalu terngiang-ngiang di kepalanya...”IMPIAN ITU ADALAH HAKMU....”
Akhirnya Viriya memutuskan untuk tetap memakai impiannya dengan 400 hektar dan 400 kuda, walaupun mendapatkan nilai F. Waktu berlalu dan berjalan terus. Selang berberapa tahun kemudian, si Virya sudah bertumbuh menjadi dewasa dan mendapatkan apa yang menjadi impiannya. Dan...suatu ketika bertemu dengan gurunya, sang bapak guru itu mengatakan....VIRYA kamu benar...kamu memiliki impian besar dan berhasil mewujudkanya....Viriya, maaf ya.....hampir saja, saya mengambil impianmu.

Semua orang berhak untuk memiliki impian dan memperjuangankan hingga impiannya terwujud. Di dalam industri network marketing, setelah memiliki IMPIAN, untuk mencapai impian tersebut berarti anda harus mau melakukan langkah2 berikutnya. Untuk besar di industri ini dibutuhkan faktor kali. Sesuai dengan Visi dari BReakthrough GEneration: mencetak pemimimpin yang memiliki banyak pemimpin yang berkualitas. JELAS..industrinya NETWORKMARKETING dibutuhkan NETWORK..Berarti dibutuhkan Daftar NAMA  sebagai FAKTOR KALI untuk membuat NETWORK demi impian2 anda. 

INTINYA DAFTAR NAMA adalah catatan nama dari orang-orang yang anda kenal. Siapapun dia, entah saudara dekat atau saudara jauh... entah kenalan baik atau hanya kenal, dimanapun dia berada. Jadi daftar nama merupakan DATA atau BAHAN BAKU anda untuk membuat jaringan. Jaringan Adalah Aset, Tujuan utama seorang NETWORKER masuk kedalam kuadran B atau Bisnis...adalah bukan uang namun Aset. Masih ingat bukan bahwa kuadran B atau Bisnis adalah kalau Anda memiliki suatu usaha dan anda tinggal selama 1 tahun, usaha tersebut tidak bangkrut tetapi berkembang dan maju barulah usaha tersebut dikatagorikan sebagai kuadran B atau Bisnis,

Sekali lagi dikatakan bahwa kuadran B adalah kudran yang mencipta aset...bukan anda bekerja untuk uang tetapi uang yang bekerja untuk anda melalui Aset. NETWORK adalah ASET maka DAFTAR nama yang merupakan bahan baku untuk membuat NETWORK adalah ASET. Sepertinya membuat daftar nama adalah langkah yang sepele tetapi justru sangat penting.


Daftar nama adalah: kumpulan catatan/ nama orang-orang yang mau berbagi supaya mereka bisa mendapatkan manfaat dari produk/ jasa/ bisnis yang akan disampaikan.
Daftar nama adalah bahan baku untuk membuat jaringan, merupakan asset yang sangat berharga kepada siapa anda ingin memperkenalkan HD atau berbagi informasi.


MANFAAT DAFTAR NAMA
  1. Asset dan bahan baku untuk membuat jaringan.
  2. Mencari tahu kepada siapa, anda akan menawarkan/ memperkenalkan apa yang anda punyai atau yang anda kerjakan. Jika tidak memperkenalkan, bagaimana mereka tahu, bisnis apa yang sedang anda kerjakan.
  3. Mempermudah untuk melakukan prioritas (mempercepat kesuksesan sukses). Dengan adanya list nama atau daftar nama berarti anda memiliki peta siapa2 orang yang bisa anda ajak untuk bersama-sama membangun kerajaan bisnis. Nama-nama tersebut ada berapa? Terbanyak dari daerah mana? Bagaimana orang-orang tersebut dll. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan.
  4. Semua kenalan/ saudara ditulis secara terperinci  tanpa ada yg terlupakan. Sehingga berkat bisnis melalui HD dan berkat kesehatan melalui produk-produknya bisa tersampaikan kepada siapa saja.
Langkah membuat Daftar Nama merupakan langkah sederhana dan mudah namun karena sering diremehkan akhirnya sering tidak dibuat.

APA YANG TERJADI JIKA TIDAK MEMILIKI DAFTAR NAMA?
  • Bingung siapa yang mau ditemui terlebih dahulu
  • Jika nama-nama kenalan anda di handphone, bisa jadi anda lupa siapa orang tersebut. Bagaimana jika data di handphone tidak dibackup dan hilang? atau Handphone anda hilang? Seperti api yang sedang membara disiram air...
  • Saat menemui prospek (sebelumnya sudah membuat janji) ternyata prospek tidak di tempat/ karena anda terlambat sehingga ditinggal oleh prospek. Jika saat itu anda tidak memiliki daftar nama maka akan Waste time, waste money, waste energy. Andai anda memiliki dan membawa daftar nama maka dengan mudahnya anda bisa melihat prospek yang berada di daerah tersebut dan langsung bisa ditemui.
CARA MEMBUAT DAFTAR NAMA:
  1. Mau meluangkan waktu, hanya sebentar cukup 10 menit per hari sebelum tidur.
  2. Antusias (seperti membuat undangan ntuk acara pernikahan, ulang tahun, dll). Jika kapasitas gedung yang tidak terbatas dan dana tidak terbatas pasti ingin mengundang sebanyak-banyaknya.
  3. Tidak menghakimi/ Never pre-judge : tidak memasukkan nama-nama yang terlalu kaya/ miskin, yang diam, yang tidak berpotensi. Intinya SEMUA DITULIS. Mengapa? Karena untuk berbagi berkat mesti ditujukan pada semua orang.
  4. Tuliskan namanya dahulu/ julukannya, barulah setelah itu melengkapi data lain.
  5. Minimal 150 nama...wow...banyak sekali? Bagimana caranya bisa membuat 150 daftar nama? Mudah sekali.
  6. Siapa yang masuk daftar nama? Semua orang yang kita kenal. Untuk mempermudah bisa dilakukan pemisahan melalui katagori:
  •       Saudara  : ayah, ibu (kakak/adik ayah atau ibu, keponakan ayah/ ibu, sepupu ayah/ibu)
  •       Teman : teman sekolah (SD-SMP-SMA-Kuliah), teman kursus, teman di lingkungan, teman saat berolah raga, temannya adik, teman kakak, teman ayah, teman ibu, teman anak dll.
  •       Kenalan: siapapun yang memberikan kartu nama bisa dimasukkan di dalam daftar nama, dokter, pemilik apotik, pemilik salon,  kenalan saat belanja di pasar/toko/swalayan dll.
Pasar Anda sangat tidak terbatas, buktinya lebih banyak yang tidak dikenal  dari pada yang dikenal. Yang dikenal hanya beberapa persen saja? Untuk menyebarkan kebaikan ini semakin banyak dan luas lagi dengan cara melakukan blind prospect.
Contoh daftar nama:
  Nama

 Alamat

Telp
             Kriteria (REAB)
Keterangan





Ramah
Energik
Ambisi
   Berpengaruh


































PENGGUNAAN DAFTAR NAMA:
  1. Cari nama orang yang pasti tidak akan mau bisnis dan produk HD anda untuk diprospek terlebih dahulu, alasannya? Jika orang tersebut menolak berarti sesuai harapan anda....ternyata setuju dengan anda...wow,,,berarti kemenangan besar!!! Atau justru....Cari daftar nama yang pasti mau bisnis dan produk HD? Entah itu adik anda atau kenalan baik anda atau siapapun yang mudah anda pengaruhi.
  2. Cari daftar nama yang memiliki 4 kriteria dan hubungi mereka dengan membuat janji dan seterusnya. Berikutnya, cari yang memiliki 3 kriteria dengan ada kriteria ramah.
  3. Tanpa kriteria pun tetap kita hubungi (siapa tahu yang tanpa kriteriapun, pasti punya kenalan yang ada 4 kriteria- temannya itu juga bisa diprospek). Pemberian kriteria berdasarkan persepsi kita, sehingga bisa saja kita salah dalam penggolongan kriterianya.
  4. Kolom Keterangan bisa diisi dengan informasi-informasi yang dibutuhkan (personalitynya, judul buku yang dipinjam, training yang sudah dilakukan dll) .
DAFTAR KONSUMEN
Tujan dibuatnya daftar konsumen agar bisa melakukan Follow Up dan kapan melakukan Follow Up. Saat menjalankan dari konsumen, dapat hasil retail. Sambil mengembangkan bisnis HD. Melakukan maintenance konsumen bisa menjadi dist aktif. (mau mendapatkan produk gratis?). Tidak sedikit konsumen yang telah membeli produk HD tetapi belum dibuka dan diminum. Ini tandanya tidak dilakukan follow up untuk memastikan bahwa konsumen telah mengeluarkan uang membeli produk dan mendapatkan kesehatan dari produk yang dibeli. Cek di peralatan BG: list nama dan list consumer.




SUMBER TAMBAHAN DAFTAR NAMA
Mengapa daftar nama harus selalu ditambah? Selain untuk mengembangkan bisnis anda, sekaligus mensharingkan kebaikan agar semakin banyak orang yang sehat karena produk-produk HD dan lebih baik kehidupannya karena berada di dalam komunitas BG dan semakin sukses karena manjalankan bisnisnya. Saat reuni, pesta, arisan/kumpul, seminar, online (FB, twitter, BB, dll), saat dimanapun.. bisa berkenala dengan siapapun. Blind prospect. à pasar gelap (apa bukan MARKET GELAP) : Diajak berkenalan kemudian bina hubungan dengan ditelepon sekaligus dilakukan prospecting.

Daftar nama/ list nama akan sangat bermanfaat jika dilakukan langkah berikutnya. Silahkan cek langkah ke 4 dari 9 langkah sukses yaitu MEMBUAT JANJI/ MENGUNDANG.

SUKSES SELALU UNTUK ANDA!!
GO BREAKTHROUGH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar